Sunday, May 31, 2020

Berbisnis Di Laut Putih



Berdasarkan konsep ekonomi kreatif ternyata blue ocean strategy saja tidak cukup untuk menghadapi persaingan yang akan muncul. Sebuah perusahaan dapat memperkokoh posisinya di dalam industri dengan menerapkan white ocean strategy atau strategi laut putih.

Konsep white ocean strategy yang berlandaskan pada prinsip-prinsip moralitas dan menjaga kelestarian sumber daya alam dan lingkungan sedikit banyak sejalan dengan konsep ekonomi kreatif. White Ocean Strategy (WOS) Menurut Chanchaochai (2012), merupakan strategi di mana pengusaha mengelola perusahaan secara utuh, mulai dari menetapkan visi, kebijakan, misi, dan rencana strategis meliputi metode operasional setiap bagian perusahaan, termasuk tata pengelolaan sumber daya manusia, pemasaran serta penjualan, administrasi, dan periklanan. WOS menuntut perusahaan untuk menjalankan bisnis dengan menjunjung tinggi nilai-nilai moralitas demi meningkatkan manfaat bagi lingkungannya. WOS merupakan strategi yang fleksibel dan dapat diterapkan di berbagai situasi, dan dapat membantu mengokohkan posisi perusahaan dan meningkatkan daya saing dengan membangun image melalui penekanan terhadap nilai-nilai moral.

Adapun prinsip-prinsip untuk menjalankan WOS yang dapat diterapkan oleh perusahaan adalah:

  1. Timbulnya dan keberadaan perusahaan white ocean harus diarahkan menuju dampak positif bagi masyarakat
  2. Menetapkan tujuan jangka panjang
  3. Menemukan keseimbangan antara faktor manusia (people), planet, keuntungan (profit), dan semangat (passion)
  4. Mempertahankan konsep perusahaan terkait berlimpahnya sumber daya alam di muka bumi ini dan setiap orang akhirnya dapat menjadi pemenang
  5. Mendirikan perusahaan atas dasar etika, kebenaran, dan ketulusan
  6. Perusahaan white ocean memperoleh kekuatannya dari dalam dirinya melalui tanggung jawab sosial individu (individual social responsibility)
  7. Menetapkan tolok ukur white ocean strategy dalam sektor bisnis
    Strategi laut putih atau white ocean strategy  ini menjadi formula yang pas, dalam menghadapi bisnis yang tidak menentu ini. Apalagi diiringi dengan situasi pendemik saat ini yang membutuhkan pertahanan diri bagi perusahaan. Semangat berbisnis yang bermanfaat bagi masyarakat sangat diperlukan dalam situasi saat ini dengan semangat keuntungan jangka panjang. Mari kita berbisnis yang bermanfaat bagi masyarakat dan orang banyak.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan berdiskusi dapat email Kami ke multipenautama@gmail.com.

No comments:

Post a Comment

KETIDAKPASTIAN BISNIS SAAT COVID-19, SEEKING TALENTS

KETIDAKPASTIAN BISNIS SAAT COVID-19, SEEKING TALENTS FROM VUCA Author : Dr.Agus Rizal,S.T,M.Sc,M.Si,M.M Saat ini banyak korporasi yang tenga...